Sendang Gile Bikin Gila

Assalamualaikum …

Ngomongin orang gila, kira-kira siapa sosok gaib yang bisa bikin kalian tergila-gila? Apakah cuma gebetan yang bisa bikin tergila-gila sampai rasanya pengen teriak saking bahagianya? Kalau ‘iya’, berarti sebentar lagi kalian harus meralat jawaban itu. Apah? Tunggu aja jawabannya sambil baca-baca sampe bawah. 😛

Kalian pasti tahu kan, keindahan alam Lombok. Kalau saya sih, sudah gak perlu diragukan lagi. Terutama tempat-tempat wisatanya yang selalu ketjeh badai. Gak kalah sama Bali. Tuh, kan. jadi kangen pengen pergi lagi ke Lombok. Yes, buat saya, Lombok itu tempat yang gak bakal bikin bose. Malah pengennya lagi, lagi, dan lagi pergi ke sana. Secara, tempat wisatanya banyak banget, dan gak bakal bisaa tuntas hanya dengan sekali dua kali berkunjung ke sana.

pantai pink

Singa Gila

Di Lombok, ada sebuah cerita yang berkembang di kalangan penduduk lokal di sana tentang seekor singa yang gila. Jadi ceritanya, sekitar tahun 1927, seekor singa gila masuk ke pemukiman warga. Para warga tentu panik, hingga akhirnya seorang dari mereka memutuskan untuk mengejar singa gila tersebut. Saat mengejar singa, warga yang gagah berani ini menemukan air terjun di kaki gunung Rinjani. Akhirnya, air terjun ini disebut sebagai Sendang Gile yang berarti ‘singa gila’. Namun, lambat laun nama ini berkembang menjadi Sendang Gile, sampai sekarang.

Air Terjun Sendang Gile ini rupanya memang punya daya tarik sendiri hingga menjadi sebuah destinasi yang populer di Pulau Lombok. Meski singa gilanya udah nggak ada di sana, air terjun ini masih bisa bikin kalian tergila-gila. Air terjun yang dikelilingi oleh panorama hutan pegunungan yang masih hijau ini, masih menjadi bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Jadi kalian nggak perlu meragukan nuansanya yang masih sangat asri.

Untuk bisa sampai ke air terjun, kalian harus menyusuri hutan dan melewati anak tangga yang panjang. Siapin stamina prima, ya! Karena, ada pula jembatan berlubang yang harus kalian susuri dengan hati-hati. Namun jangan khawatir, perjuangan panjangmu untuk mencapai lokasi wisata Air Terjun Sendang Gile pasti terbayar dengan lunas karena pemandangan air terjunnya yang memukau.

Kalian bisa menceburkan diri di kolam yang berada di bawah air terjun. Akan lebih seru kalau kalian datang beramai-ramai dengan kawan-kawanmu untuk menikmati segarnya aliran air di Air Terjun Sendang Gile. Derasnya Air Terjun Sendang Gile yang berpadu dengan suara alam pasti bisa bikin kalian rileks. Suara cericit burung pasti akan membuatmu betah berlama-lama. Di bawah air terjun ini juga banyak bebatuan untuk duduk menikmati suasana.

Namun, kalian harus berhati-hati karena bebatuan ini mayoritas cukup licin sehingga kalian bisa terpeleset kalau nggak hati-hati. Perhatikan juga kakimu saat ingin mencebur ke dalam kolam besar di bawah air terjun. Masalahnya, kalau tiba-tiba kakimu terluka atau berdarah, kalian bisa aja nggak merasakan sakitnya karena air di sini sangat sejuk sehingga menyamarkan rasa sakitmu.

Air Terjun Sendang Gile yang menawan ini berada di Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Dari pusat Kota Mataram, kalian harus berkendara selama 2,5 jam ke arah utara. Mataram adalah ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat dan menjadi gerbang utama untuk memasuki Lombok.

Untuk mencapai Mataram, beli tiket pesawat ke lombok dan kalian akan mendarat di Bandara Internasional Lombok Praya. Dari Mataram, kalian bisa menggunakan rental mobil lombok untuk mengantarmu ke lokasi Air Terjun Sendang Gile.

Selamat berpetualang ke Lombok!

Luv,

Categories: Jalan2-makan2

3 comments

Yakin Gak Mau Komen? :D

%d bloggers like this: