Berbagi untuk Menginspirasi

 

relawan panitia berpose di depan museum Bank Indonesia, Surabaya

relawan panitia berpose di depan perpustakaan Bank Indonesia, Surabaya

Assalamualaikum… Tanggal muda, mana senyum lebarnyaaah?? :mrgreen:

Weekend kemarin pada ngapain hayo? Saya dong, datang ke welcome party-nya panitia Kelas Inspirasi Jatim 2 bangga benerin jilbab Iyes, akhirnya saya memutuskan untuk bergabung dengan Kelas Inspirasi. Tau kan kelas inspirasi itu apa? Yaitu, gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. Tujuan dari Kelas Inspirasi ini ada dua, yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional, serta agar para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas, dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan kita. Kalo kurang jelas, liht ini

http://kelasinspirasi.org/

deh, biar makin penasaran dan akhirnya gabung seperti saya.

Benernya saya tau Kelas Inspirasi ini, udah lama. Tapi ‘baru’ tergerak hati, setelah si emak gaul pamer cerita di twiter. Waktu desye dan timnya ngajar di salah satu SD di Jekardah. Dalam hati, saya langsung niat, mau gabung. Dan saya tanya langsung, ada gak di Surabaya. Alhamdulillah, ternyata ada. Saya langsung stalking akun twitter KI Surabaya dan Jatim. Alhamdulillah lagi, KI Jatim rupanya bakal menggelar kelas lagi, tahun ini. Dan ternyata emang bener ya, ketika kita punya niat baik, semesta akan mendukung.

Saya langsung daftar menjadi relawan dengan mengirim imel. Gayung bersambut, gak berapa lama, imel saya dapat balasan. Dan akhirnya, kemarin kami ‘resmi’ jadi relawan panitia di KI Surabaya 3. Lalu bergabung di grup wassap KI Surabaya 3.

Hari minggu kemarin, jam 8.30 meski saya datangnya telat, jam 9an, akhirnya saya bertemu dengan relawan panitia lain, dari 26 kabupaten/kota di Jatim. Luar Biasa! Meski awalnya agak-agak cengok, karena ga ada yang kenal. Iya sih, kita udah ketawa-ketiwi di wassap, tapi kan belum kenal wajahnya, kakaaa. Jadilah saya clingak clinguk kanan-kiri mencari wajah-wajah yang familiar dengan avatar di wassap. Sounds a ‘great’, huh? or a weird? 😆 Tapi yang jelas, saya senaaang luar biasa. Ketemu ratusan wajah-wajah baru. Dan tentu saja, setelah berjabat tangan, ternyata oh ternyata, banyak mahasiswa dan lulusan ITS juga..hahaha.. lagi-lagi Allah memudahkan niat baik hambaNya, rite? Alhamdulillah.

saya, mba yekti, pak.. (lupa namanya :p) dan teman KI Jatim, plus Nada Cinta, anaknya mba yekti yang masih 4 bulan. Oiya, mba yekti ini ibu beranak 3, suaminya juga gabung di KI Surabaya 3. Great!

saya, mba yekti, pak.. (lupa namanya :p) dan teman KI Jatim, plus Nada Cinta, anaknya mba yekti yang masih 4 bulan. Oiya, mba yekti ini ibu beranak 3, suaminya juga gabung di KI Surabaya 3. Great!

Macam-macam jenis manusia saya temukan di sini. Mulai bayi (bayi beneran, yes) sampai kakek-kakek. Mulai yang lajang (kalo gak mau dibilang jomblo :p) sampe yang beranak-pinak macam saya. Ada yang alay, ada pula yang elegan jaim kaya saya..hahaha..

Nada Cinta, anaknya mba yekti yg ikut welcome party relawan panitia KI Jatim 2.

Nada Cinta, anaknya mba yekti yg ikut welcome party relawan panitia KI Jatim 2.

Kenapa saya gabung menjadi relawan di KI Surabaya? Karena saya ingin berbagi dan menginspirasi. Titik! Oiya, di Surabaya, sudah memasuki KI jilid 3, jadi udah pernah diselenggarakan 2 kali berturut-turut, 2 tahun lalu. Sementara di Jatim, baru masuk jilid 2. Sedikitnya ada 51 relawan panitia yang gabung di KI Surabaya 3, termasuk eyke :D. Nantinya, tugas panitia ini, menyukseskan acara KI Jatim 2, yang bakal digelar serentak pada 29 September di 26 kabupaten/kota di Jatim. Jadi, nanti tanggal 29, relawan akan mengambil cuti sehari, untuk terjun ke sekolah-sekolah untuk mengajar di SD-SD.

Mean while, tugasnya panitia apa dong? Ada 5 divisi kepanitiaan di KI. Pertama, external relation, tugasnya berhubungan dengan media untuk sosialisasi dan promosi, lewat media apapun (termasuk socmed). Kedua, Rekrutmen, tugasnya menyeleksi calon relawan pengajar sesuai persyaratan dan menentukan jumlah relawan di tiap sekolah. Ketiga, Volunteer Relation, tugasnya membangun komunikasi dengan relawan pengajar selama dan pasca kegiatan, membentuk tim fasilitator dan menyediakan atribut peserta. Keempat, School Relation, tugasnya bertanggung jawab terhadap pelaksanaan briefing dan refleksi KI, menyediakan sekolah target KI, mengundang kepala sekolah target KI. Kelima, Media Dokumentasi, tugasnya notulensi dan foto, bertanggung jawab pembuatan design poster, banner, dll, merekrut fotografer/videografer. Saya yang mana? Karena basic saya jurnalistik, saya milihnya ER aja. 😀

20140608_105559_resized

Ngapain sih, ribet-ribet ikutan begituan? Ya karena saya ingin bercerita kepada adik-adik yang masih duduk di bangku SD, bahwa ini lho.. jenis-jenis pekerjaan yang ada di luar sana. Siapa tau, saya bisa menginspirasi mereka, dan ketika mereka dewasa kelak, mengikuti jejak saya menjadi ex reporter atau menjadi profesi saya saat ini :p. Kan, KI ini untuk kalangan profesional. Jadi, pastinya bakal ada banyak profesi yang berbagi dan menginspirasi. Sudah saatnya, kan, para profesional turut mengambil peran dalam pendidikan anak bangsa?

Kelas Inspirasi ini menjadi solusi bagi para profesional Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar di lingkungannya. Seperti saya, yang pengen jadi guru tapi gak kesampaian #curcol #eh. Ini sekaligus membuka pintu interaksi positif antara kaum profesional dengan dunia sekolah. Kapan lagi, kan, bisa kaya gini? Nantinya, para profesional ini, diminta menceritakan bagaimana pekerjaan mereka, tentunya dengan bahasa mereka dan dengan suasana sangat santai sekali. Jadi jangan dibayangin seeprti ketika kita kuliah, yes 😆

Bagi Anda hanya satu hari cuti bekerja, namun bagi murid-murid itu bisa menjadi hari yang menginspirasi mereka seumur hidup. Berbagi cerita, pengetahuan, dan pengalaman untuk menjadi cita-cita dan mimpi mereka.

Gimana? Tertarik untuk bergabung menjadi relawan pengajar? Langsung aja daftar di kelasinspirasi.org. Atau follow twitter @KelasInspirasi  @KIJawaTimur  @KlsInspirasiSBY atau follow aku twitter saya juga boleh @edapoenya *modus* :mrgreen:

Terutama, teman-teman yang berada di wilayah Jawa Timur, yuk bergabung bersama kami dan teruslah menginspirasi. Indonesia move on! Cocok banget deh buat kamu-kamu yang belum bisa move on #eh

Buat yang di luar Jatim, juga bisa bergabung. Klik aja situs kelasinspirasi.org, karena Kelas inspirasi ini ada di seluruh Indonesia.

Categories: Event

No comments

Yakin Gak Mau Komen? :D

%d bloggers like this: