Cara Aman Belanja Onlen

Assalamualaikum…

Cara Aman Belanja Onlen – Buat kita-kita para emak (kita? Elu aja kali! :p) yang super duper sibuk, belanja selalu menjadi tantangan sendiri. Waktu yang tidak selalu ada, dan keraguan tentang keamanan belanja di situs online mungkin membuat kita menjadi tidak berani untuk memanfaatkan fasilitas ini. Padahal, kalau ngerti caranya supaya bisa melindungi diri, belanja online akan sangat menghemat waktu dan tenaga.

Trus, gimana dong biar aman ketika berbelanja di internet? Coba yang ini deh!

  1. Tahu persis apa yang mau dibeli

Cari tahu dulu informasi tentang barang yang mau dibeli, apakah baju anak, sepatu, atau kebutuhan sehari-hari? Lihat dulu ukuran yang tersedia, warnanya, bahan, dll. Hal ini supaya bisa segera mengidentifikasi deskripsi abal-abal.

  1. Pilih website yang reputasinya bagus

Tentukan website yang menyediakan barang yang diinginkan, lalu cari tahu bagaimana reputasinya dari forum dan media sosial.

  1. Perhatikan nomor kontak

Pastikan bahwa online shop yang dipilih menyediakan nomor telepon, alamat fisik beneran, dan juga akun media social dan email, sehingga kita bisa menghubungi mereka dan bertanya-tanya.

  1. Sertifikasi keamanan

Perhatikan bagian kiri address bar, apakah URL dimulai dengan https:// dan ada tanda gembok/kunci? Jika ya, berarti situs tersebut sudah dienkripsi dan keamanannya lebih terjamin.

Coba deh cek  Matahari Mall. Belanja online di MatahariMall tidak perlu khawatir penipuan lagi, karena semua tindakan keamanan sudah diimplementasikan, dan situs milik Lippo Group ini sudah punya reputasi yang bagus. Tapi, kita tetep dituntut untuk aware dengan:

  • Menjaga rahasia password ketika menjadi anggota situs.
  • Selalu logout sehabis menggunakan jasanya.
  • Lakukan transaksi lewat computer pribadi.
  • Rahasiakan 3 digit nomor terakhir kartu kredit.

Kalau belanjanya di situs yang sudah punya nama baik, maka setidaknya kekhawatiran kita bisa cukup terobati. Kita juga harus jeli melihat adakah biaya-biaya tersembunyi di dalam transaksi, meneliti kelengkapan barang yang ada, dan membaca baik-baik syarat dan ketentuan yang telah ditulis di situs. Semua tentunya juga buat keamanan kita, kan yaa.

Luv,

signature eda ungu

Categories: Review Produk

25 comments

Yakin Gak Mau Komen? :D

%d bloggers like this: