Health and Beauty

Diet Mayo? BIG NO!

Assalamualaikum…

garam
gb pinjem di mari

Mau ikut-ikutan ngobras tentang diet mayo yang lagi buming yes.. Ehmm.. tapi saya bukannya mau ikutan diet ini. BIG NO..NO! Kenapa? Soalnya saya pecinta garam. Banget!

Jadi, saya tau diet mayo ini dari IGnya mba ira. Dia posting menu dietnya selama 13 hari nonstop. Waktu itu saya belum tau, gimana sih diet mayo itu. Saya pikir, itu makannya selalu pake mayones..haha.. Begitu denger mayones, saya langsung bling-bling dong dan pengen niru. Saya sukaa banget kalo makan sesuatu itu dikasi mayones..hihihi..

Ternyata oh ternyata, setelah tuntas 13 hari diposting, mba ira bikin cerita hasil dan menunya di mommiesdaily plus baca catatannya mba noni kemarin lusa, dan langsung bikin saya jiper dong. Ternyataa..diet mayo itu diet yang makanannya dimasak tanpa garam sama sekali. Menunya sih boleh macem-macem, tapi harus tanpa garam! Berasa hambar kan yaa.. macam hidup tanpa cinta. #tsah! :mrgreen:

Dan yang bikin saya ngiler sekaligus sedih banget, hasil dari diet mayo ini ternyata rrrruaaarr biasa! Bisa turun 3-10 kilo dalam 13 hari itu. PiyeWanna try? Saya sih tetep ogah. 😆 Mana mau saya pisahan sama kecintaan saya, si garam.. hohoho … Dan lagi, diet mayo ini susah-susah gampang diterapin. Kalo misalnya kita berbuat curang, maksudnya, kita nyuri-nyuri makanan yang ‘berasa’, kita harus ngulang diet itu dari awal. Mulai lagi dari menu hari pertama.

Nah kan, makin ogah, saya. Mending diet cara saya aja. Sarapan dikurangi porsinya. Sekarang udah sepertiga dari porsi biasanya. Makan siang juga berkurang setengah, plus ngemil buah dan jus. Makan malam? Gak pake. Perutnya ditipu pake air aja. Lumayan kenyang. Etapi beneran lho, sejak diet yang kapan hari itu dan belum berhasil, kemudian nyoba diet lagi, Alhamdulillah lumayan berhasil. Lingkar pinggang lumayan turun. Berat badan juga menurun dong, otomatis. Kabar bahagianya, baju-baju saya yang lama, mulai terpakai lagi dan gak perlu beli baju baru lagi. 😆

Tapi perjuangannya emang agak berat dan harus niat gitu. Oiya, selain mengatur pola makan, saya juga rajin ngegym seminggu 2 kali, sit up 50 kali menjelang tidur, plus puasa Senin-Kamis. Yang terakhir, niatnya bukan untuk nurunin BB sih, lebih pada mengikuti sunnah Rasul aja. Kalopun saya kurusan, anggap aja bonus. Tapii (lagi), sayangnya, pipi saya ini masih aja chubby..huhuhu…pengen tirus kaya dulu itu. Susaaah…

Sebenarnya, kita emang diharap mengurangi konsumsi garam. Demi kesehatan juga. Saya baca di liputan6 dot com, setidaknya, ada 5 alasan untuk mengurangi konsumsi garam.

  1. Meningkatkan tekanan darah >> menyebabkan stroke dan serangan jantung.
  2. Osteoporosis >> kebanyakan garam, membuat kalsium bekerja tidak maksimal.
  3. Kanker lambung >> konsumsi garam berlebih, meningkatkan risiko terkenan kanker lambung. 🙁

4.Kegemukan >> Garam membuat kita merasa haus terus menerus. Akibatnya, kita maunya minum dan minum. Parahnya, kadang kita minumnya es yang manis-manis. Itu yang bikin badan cepet gemuk.

  1. Batu ginjal >> Batu ginjal disebabkan penumpukan kalsum di ginjal. Garam menyebabkan hilangnya kalsium dan mengeluarkannya melalui urine. Kemudian, hal ini dapat menyebabkan terjadinya penumpukan kalsium dalam ginjal, sehingga membentuk batu ginjal.

Begitulah sodarah-sodarah. Jadi memang ada baiknya kita mengurangi konsumsi garam. MENGURANGI lho ya.. bukan tanpa garam sama sekali. Kalo yang terakhir, saya belum siap.

Yang mau pake cara diet mayo, sila klik link mommiesdaily atau punya mba noni ya.. di situ ada juga menunya untuk 13 hari. Selamat mencoba.. :mrgreen:

moslem • a daughter • a sister • a wife • a moms • a friend • jalan-jalan enthusiasm • emak-emak beud • am blessed

0 Comments

  • irrasistible

    Kalo dibayangin si diet mayo ini emang mesakne Mbak, hahaha.. Tapi kalo dijalanin, oke-oke aja koq. Tapi IMHO sih, BB turun banyak lebih karena kalori perharinya cuma dikit sih. Jadi no salt-nya ngebantu aja.

    Btw, menurutku, mending biasain hidup sehat aja kali ya. Diet mayo ini di aku sih lebih ke diet yoyo. Cepet turun, tapi cepet juga naik kalo nggak dijaga pola makannya hehehe.. Watermelon Mbak!

    • eda

      nah ini… testinya mba ira ngebantu bangeet.. tetep aja ya mbaa.. gampang turun dan naiknya… tetep kudu jaga pola makan..
      yg penting sehat ya mbaa.. hihihi..

      makasih mba iraaa.. semangka! 😀

  • Chrismana"bee"

    Aaakk,.. bahaya bingit mba edaaa,… saya juga pecinta garam plus gula,..
    mau di kurangin juga ahh garamnya, bukan kepingin diet (lawong malah susah payah mau gemukin) tapi pingin lebih sehat,..

  • Roro Wilis

    mb Eda.. ah kyknya untuk dirimu yang tinggi beratmu skrg ga kliatan terlalu kegendutan yaak? etapi2 mmg kudu diet yaak? mengikuti advise dokter.. yowes moga berhasil yaak.. sit up-mu membuatku iri.. aku kalo abis mulai sit up gt lgsg kaku2 perutku, jd trs males mw nerusin :p

  • Beby

    Sama Mbaaak, aku juga belom bisa hidup tanpa garam. Anyep. :'(
    Kalo cara ku ya cemal-cemil buah di malam hari. Trus sarapan en makan siang tetep pake nasi cuma nasinya setengah centong doank, air putih minimal 8 gelas per hari. Turun 13 kilo jugak tapi dalam waktu 5 bulan. Hihihi :p

  • Ceritaeka

    Aku sulit hidup tanpa garam 😀 tapi memang mengurangi asupannya, makannya sering masak bekal makan siang sendiri biar bisa atur takarannya 🙂 Btw tadi aku kira juga diet yang pake mayonese. Hahahaha

  • Messa

    emang ya, perjuangan untuk sehat itu panjang bok 😀 aku sekarang lagi mengurangi asupan garam dan gula mbak, ada gejala diabetes soale. dan di saat kita diet begini, semua yang sedap2 itu berseliweran di depan mata hahaha *nasib :D* yg terpenting juga olahraga musti rutin mbak…

    • eda

      kebetulan aku ga suka manis..udha manis sih *plak!*
      iyes… yg penting olahraga.. banyak gerak.. klo ga sempet, beres2 rumah juga bisa membakar lemak 😀

  • ysalma

    ikut menyimak diet mayo ini aja, baru tahu soalnya *kurang gaul,
    dan termasuk ‘kerempeng’ sih diantara teman-teman, jadi nyarinya
    cara biar berisi 🙂

  • rianamaku

    Eda aku juga tau kemarin dari bloknya noni, mungkin mau aku coba kelihatanya gampang hahhahha 😀
    Tapi prakteknya kurang tau, Diet paling mujarap aku ya PUASA 🙂

  • chris13jkt

    Segala sesuatu kalau kebanyakan ya gak baguslah, termasuk si garam itu. Tapi selama masih normal, aku rasa sih tubuh bisa menyerapnya. Kemudian soal diet itu, meskipun aku gendut, tapi kalau harus turun drastis dalam waktu relatif singkat seperti itu sih mendingan gak ikutan. Ngeri aja soalnya.

  • mia fauzia

    Ngiiik baca postingannya.. aku niat mulu tumbang terus. Dulu pernah FC 2 minggu uda turun 2kg, etapi ibuku dateng dan masaknya enak2 molooo… bismillaah lagi…
    pantang menyerah ah, kalo nyerah ya ngulang aja lagi ya hahaha *niatnya aja udah salah gitu, Mia*

  • silvi

    akooohh udah pernah coba ini diet, ngoookkk…gak lulus ajah ! hahahhaa…semangat bener pengen kurus, tapi giliran dipentokin ama dinner atas undangan relasi…langsung mendadak amnesia ama si diet itu, dulu aku kenalnya diet garam…tp sejujurnya kalo sekarang ada catering khusus untuk 13 hari guna melancarkan diet ini, eik mau kakaaakkk *tatap nanar lipetan perut*

  • papapz

    menarik mbak masalah dietnya.. kegemukan memang menjadi momok menakutkan bagi para wanita. Alhamdulillahnya istriku langsing-langsing aja hahay.. kecuali pas mengandung kaya sekarang agakgede sedikit hehe. Hmm gimana ya kalau kita konsumsi makanan tanpa garam? mengurangi penyedap rasa aja susah mbak.. semoga sukses ya program dietnya 🙂

  • titi esti

    Hahahaha ngakak sendiri malem2. Dari kemarin aku menyangka judul ini ngomongin mayones. Karena aku gak suka mayo, aku skip aja dan baca yg lain. Eh.. Ternyata…

    Tapi emang ada temenku yg udah praktekin ini, diet garam 2 minggu, langsung turun bbrp kilo. Suka kugodain : ini mah gegara makannya gak mau nambah aja kalii… Lha wong sepo, arep nambah piye..

  • mamah putra

    setelah baca blog ttg diet mayo saya lsg tertarik..skrg hari pertama sy duet mayo mudah2n sukses Ɓɪ̣̝̇ڪɑ̤̥̈̊ turun berat badanku ✗ί✗ί✗ί✗ί と(⌒˛⌒)う

  • indri

    mba, aku sih pengen nyoba banget ama diet mayo ini … jd bingung bisa ga yah … soalnya comment yg ku baca pada banyak yg nyerah dolooan … edddd dah :(,, jd penasaran gimana diet mayo ini …. hihihi ^^„
    oia mba knp diet mayo bole nya setahun sekali? mang ga bole nyambung gitu ya mba ya ….

  • tyas

    aku udah nyoba ni diet mayo nya,udah dapet 6 hari.awalnya sich pingin muntah tapi lama-lama biasa kok. klo menu dietnya sesuai sama menu yang udah diterapin itu ya g kuat muangkin.aku menunya pake sayur yang aku suka dan tak kasi bumbu-bumbu gitu tapi g pake garam dan gula.sekarang alhamdulillah udah turun 3 kg 🙂

  • UtieLW

    Slamat pagi. Boleh ikut sharing disini ya mbak Eda. Saya jadi ketawa2 baca tulisan mbak.
    Kebetulan teman saya telpon tadi malam dan ribut2 soal diet mayo. Krn alasan kesehatan dia harus turunin berat badan dalam waktu singkat dan dianjurkan untuk ngejalanin diet mayo ini oleh dokternya. Akhirnya browsing lah saya buat cari tau hal baru tentang diet ini.
    Saya tau dan ngikutin diet mayo ini taun 2000. Daaan.. nggak hepi blas. Kenapa?
    Pertama, makanan gak digaremin itu sumpah gak ada enak2nya. Kedua, kenapa cuma 13 hari dalam setaun? Berarti 352 hari sisanya kita makan gila. Ketiga, kalo cheating kita musti ulang lagi dari awal. Disetrap banget kan..
    Akhirnya, saya improvisasi. Saya kerjain pola makan ala2 diet mayo, cuma semua masakan saya garemin sedikit, banyak rebusan, tanpa nasi, buah, teh ijo dan banyak air putih. Saya jalanin 5 hari dalam seminggu. Week end saya makan normal setengah gila.
    Cheating banget kalo menurut diet mayo kan. Musti diulang lagi dong. Dan itu saya jalanin juga. Ngulang diet mulai hari senin sampai jumat. Week end bikin dosa. Senin – jumat nebus dosa. Begitu teruuuuusss.. mulai dari taun 2000 sampe sekarang. Alhasil, berat badan saya stabil di kisaran 50 kg selama 14 taun, kadang kurang tapi gak pernah lebih.
    Jadi kira2nya bener tuh mbak Eda, nggak usah jadi anti garem tapi dikontrol aja pemakaiannya. Olah raga jangan lupa. Diet bukan berarti kita boleh lemes sepanjang hari.
    3-4 bulan sekali saya jalanin detox. Caranya, 5 hari berturut2 saya cuma makan brokoli rebus, apel, 1 sendok makan olive oil dan 2 tetes lemon, air putih yang banyak.
    Diet itu kan ngatur pola makan dan disiplin. Kalo dibayangin emang susah, tapi kalo udah dijalanin nyenengin juga kok. Gak usah mikir kalo kita lagi jalanin program diet, tapi jadiin aja kebiasaan sehari2..
    Jangan lupa medical check up setaun sekali. Bukan cuma berat badan yg musti ideal tapi kesehatan luar dalam juga perlu.
    Semoga berguna. Makasih Mbak Eda 😀

  • Rienta

    Hai Mbak Ira, hai semua, saya mau share saja pengalaman pribadi, awalnya waktu dengar diet mayo saya berpikir mana bisa laah orng hidup tanpa garam karen agaram juga di butuhkan tubuh… Tapi setelah itu saya ingat kembali cuplikan beberapa cara di televisis bahwa sebenarnya manusia dalam sehari hanya butuh 1 sendok teh garam dalam tubuh… Di Asean Food Chanel sering saya lihat masakan western minim sekali seasoning, mentok mereka pakai garam dan lada itupun takarannya sedikit banget, mereka lebih senang makanan di banyakin olive oilnya….Kemudian ini saya baru ingat kisah nyata, tetangga saya di Surabaya, Beliau sudah almahrumah dengan usia hampir 100 tahun, dulunya punya riwayat penyakit darah tinggi, saya akhirnya ingat dulu saya sering maen kerumah beliau, dari saya TK sampai saya sudah bekerja alhmahrumah hampir minus konsumsi garam, beliau puluhan tahun makan hampir tanpa garam, karena kata beliau takut kumat darah tinggimya, karena dulu pernah nyoba sedikit garam dan akhirnya darah tinggi kumat dan sampai masuk RS. tapi yang saya kagumi kalau dihitung dari saya TK umur 5 tahun sampai terakhir beliau meninggal 2013 jadi 22 tahun saya melihat beliau makan setiap hari minus garam. makanan setiap hari hanya di rebus, di kukus, di bakar dan luar biasanya selama teman2 seumuran beliau meninggal dengan embel2 pelupa, rambut putih dan kulit kripu semua ini berbalik beda beliau sapai akhir sebelum meningal karena memang sudah sepuh hampir 100 tahun dan jatuh beberapa kali, kondisinya masih ingat nama tetanga dan keluarganya, rambutnya hitam, uban hanya 5-10 helai, gigi utuh, badannya langsing. klo di pikir gimana yah orang bisa bertahan berpuluh2 tahun dengan seikit sekali mengkonsumsi garam tapi bisa hidup sehat, mungkin ini sebagai bahan referensi mengapa mengkonsumsi garam dibatasi.
    yang kedua Ibu saya usia 56 tahun kena darah tinggi dan kolestrol, sempat parah dan akhirnya disarankan dokter untuk dihentikan mengkonsumsi garam, dan perlahan2 penggunaan ditakar sedikit saja, tapi setelah berbulan2 memang kondisi kesehatannya membaik, kadar kolestrol dan tekanan darahnya stabil. dan itu sempat selama 2 bulanan disarankan STOP makanan dengan garam sama sekali. terlepas itu boleh dengan kadar yg tidak terlalu banyak, sampai sekarang Ibu saya memang mengurangi garam dalam semua makanan yang di konsumsinya, hasilnya alhamdulillah sehat.
    Saya sendiri baru mulai diet ini setalah membaca berbagai pro dan kontra diet ini, akan tetapi saya lebih berpikiran kalau untuk kesehatan keapa tidak, dan jangka patokan 13 hhari karena tidak ada referensi jelas yang jadi saya tidak berpatok kapannya, yang pening kita makan seimbang dan tidak berlebihan

    Jadi mungkin kita berpikirnya, kalau untuk sehat kenapa tidak.. Puasa kalau dalam keyakinan masing-masing agama intinya juga untuk menjaga kesehatan. Mengkombinasi makanan juga baik untuk kesehatan. yang terpenting adalah tidak berlebihan.

    Begitu sharing dari saya maaf yah mbk ira agak banyak hehehe semoag bermanfaat dan sama kita belajar menghargai kesehatan dan semoga selalu di berikan kesehatan yang barakaah, aamiien

  • alrisblog

    Pengen banget nurunin berat badan. Cuma kalo stop garam rasa apakah makanannya? Bisa jadi kayak hidup tanpa cinta dalam pengertian yang luas. Tapi memang semakin berat pengorbanan hasilnya juga akan semakin hebat.

    Komentar Rienta diatas memberikan semangat dan motivasi untuk hidup sehat dengan mengurangi garam. salam

  • UuT

    Saya sdg mencoba menjalani diet mayo ditengah pro dan kontra. Hari ini day 12 dan Alhamdulillah sdh turun 4 kg. Semoga bs lancar sampai day 13 dan turun lagi, 1 kg lagi lah…Amin… Amin…Amin…*_*…

Yakin Gak Mau Komen? :D

%d bloggers like this: