Hamil? Gak Ngidam Gak Seru

Assalamualaikum…

Waktu belum nikah dulu, jaman-jaman kuliah dulu, kebetulan pas mba saya lagi hamil. Saya perhatikan, seringkali mba saya itu minta dibelikan ini itu ke suaminya. Alasannya, si jabang baby kepengen. Entah makanan, baju atau barang-barang lain. Mau tak mau, si suami nuruti apa mau istrinya.  Ye kan, kalau gak dituruti, katanya nanti si baby pas udah lahir ke dunia bakal ileran. 😆

Tapi lama-lama saya amati, kok makin lama permintaannya jadi aneh-aneh dan ngelunjak, yah. Agak-agak gak masuk akal, gitu deh. Trus saya jadi berpikir, jangan-jangan si mba emang sengaja nih ngerjain suaminya. Atau dipas-pasin lah. Benernya si emak yang pengen ini itu, tapi dibilang jabang baby yang pengen. Bisa jadi, kan? Kaaaan….

Gak Ngidam Gak Seru

Kemudian, tibalah saatnya saya mengalami sendiri yang namanya ngidam. Sekira awal-awal tahun 2009, saya inget banget. Tepat tanggal 1 Januari 2009, saya divonis hamil sama dokter! Waktu itu udah masuk 7 minggu. Saya mengalami yang namanya mabok parah. Makan dikit langsung keluar. Badan rasanya demam gak selesai-selesai. Belum lagi kepala yang nyut-nyutan gak pake brenti.

Waktu periksa ke dokter, maunya dikasih obat anti mabok. Ya kan, saat itu status saya masih reporter. Jadi masih liputan ke mana-mana naik motr. Gak lucu kalau tiba-tiba saya ambruk di tengah jalan. Tapi apa dong kata dokternya, “gak perlu obat mual ya, orang hamil kalo gak mual dan muntah gak asik. Gak ada seninya,” Denger dokter ngomong gitu, rasanya pengen nujes-nujes pakai jarum suntik. Tapi tuan besar ngiyain aja. huhuhuu… Alhasil selama 7 bulan hamil, saya mabok parah.

Karena ngerasa diperlakukan tidak adil sama tuan besar #halah, akhirnya saya ikut-ikutan ilmu mba saya. Sengaja pura-pura ngidam, buat ngerjain tuan besar. Minta ini itu, biar dibelikan. Padahal waktu itu sebenernya gak pengen. hehehe…. maaf ya mas :*

Tapi, akhirnya saya beneran yang ngalamin namanya ngidam. Waktu tengah malam, saya tiba-tiba pengen banget makan yang namanya Pizza. Kebayang dong, jam 1an dini hari, mana ada toko Pizza yang buka. wkwkwkwk. Tapi tetep saya ngerengek. Akhirnya tuan besar bela-belain keluar buat nyari toko pizza yang buka. Hasilnya, ya pasti nihil lah. Kalo inget kejadian itu, kasihan banget liatnya. Tengah malem dibangunan cuma buat nyari pizza yang tentu aja gak ada.

Trus besok paginya, kami beneran yang nyamperin toko pizza. Saya pesen ini itu, buanyak banget. Apa yang kelihatan enak, langsung saya pesan. Gak lama si pesenan datang. Dan yang terjadi, saya jackpot. Abis muntah-muntah gak karuan, akhirnya pesanan segambreng itu dibungkus dan dibawa pulang. Di rumah juga makanannya gak saya sentuh sama sekali. Bau aja udah eneng. :))))

This slideshow requires JavaScript.

Ngidam, Mitos atau Fakta?

Menurut dr. Muhammad Ardian, SpOg, ngidam yang dialami wanita hamil itu sangat wajar terjadi. Hal itu terjadi karena adanya perubahan hormon yang terjadi di masa kehamilan. Efeknya, si bumil mengalami peningkatan sensitivitas rasa dan penciuman yang mengubah preferensi dan pola makan terhadap jenis makanan tertentu.

Jadi, ngidam itu mitos atau fakta? Jelas mitos. Apalagi kalau dikaitkan dengan baby lahir ileran kalau ngidamnya bumil gak diturutin. << Ini yang selalu jadi senjata saya dulu, waktu pingin sesuatu tapi tuan besar ogah nuruti. 😆

Apa ibu hamil selalu ngidam? Enggak! Tidak semua ibu hamil mengalami yang namanya ngidam.

Persis yang saya alami waktu itu, kan? Semua yang kebayang di mata, langsung pengen. Padahal dimakan aja enggak. :)))

Faktor hormonal itu yang harus dipahami bumil agar lebih berhati-hati dan mengontrol asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh. Karena ini berdampak pada janin yang dikandungnya. Ya kan, si Ibu ini merupakan satu-satunya sumber nutrisi buat si janin. Bumil perlu memastikan kecukupan nutrisi secara seimbang. Selain karbohidrat, protein, maupun lemak, kecukupan zat gizi mikro seperti asam folat, zat besi, kalsium dan vitamin D juga penting untuk mengatur metabolisme tubuh.

 

Festival Ngidam SGM

Karena ngidam menjadi salah satu momen spesial di masa kehamilan, SGM menggelar acara bertajuk Festival Ngidam SGM untuk mengajak para bumil merayakan serunya ngidam. Festival ini merupakan festival kehamilan terbesar pertama dan terbesar di Indonesia. Serangkaian aktivitas edukasi nutrisi yang lengkap dan menyenangkan disiapkan untuk bumil.

“Kami paham bahwa bunda yang sedang ngidam cenderung memilih makanan tertentu dan kerap terkendala menerapkan pola makan sehat dengan gisi seimbang. Padahal, pemenuhan nutrisi selama masa kehamilan sangat penting agar tumbuh kembang anak dalam kandungan optimal,”kata Christina Natalia, Marketing Manager SGM Bunda.

Festival ngidam SGM dipenuhi berbagai aktivitas edukasi dan juga hiburan menarik untuk para bumil, salah satunya adalah Ngidam jajan, beragam sajian kuliner lezat dan bergizi. Selain itu, bumil juga bisa menikmati ngidam dimanja melalui serangkaian fasilitas perawatan kecantikan dan pijat hingga terapi musik hamil. Bumil yang ngidam eksis dapat mengkuti fashion show bumil-menyusi, serta photo booth cantik. Selain itu juga bisa menikmati hiburan dan penampilan selebriti melalui ngidam ketemu artis.

Seru kan ngidamnya? 😀

 

Luv,

Categories: Event

Yakin Gak Mau Komen? :D

%d bloggers like this: