Blog Competition,  Love of My Life

Ketika Ara Berdzikir..

Ngomongin soal anak emang gak ada habisnya. Apalagi jika anak itu seumuran Ara, yang masih 3,5 tahun. Usia segitu, si anak lagi getol-getolnya pengen tau pake banget tentang segala hal. Kadang, saya sampai kewalahan jawabnya. Untungnya, ara ini tipikal anak yang gampang sekali diberi pengertian. Ara juga mudah sekali diberi pembelajaran apapun. Termasuk tentang sholat dan mengaji, sebuah kewajiban bagi umat islam.

Setiap saya sholat, saya selalu mengajak ara ikut serta. Alhamdulillah, sejak usia 2,5 tahun, ara sudah hafal gerakan sholat. Meskipun bacaannya belum hafal, paling juga hafal Al Fatihah aja. Lucunya, ketika baca bacaan tahiyat awal dan akhir, dia selalu pegang-pegang tangan saya yang sebelah kanan. Kadang malah buka-buka mukena saya. Setelah saya tanya, kenapa dia melakukan itu, ternyata dia ingin lihat, jari telunjuk saya diangkat gak ketika baca syahadat. hehehe… Sampai sekarang, hal itu selalu dilakukan ara. Pokoknya, setiap tahiyat awal dan akhir, selalu dia buka mukena saya. Kalau telunjuk saya belum juga ngangkat, tangannya pasti membetulkan telunjuk saya supaya ngangkat..

Ara habis sholat
Ara habis sholat

Habis sholat, biasanya kan selalu dzikir, tasbih, lalu berdoa. Nah, si ara ini juga selalu ikutan. Waktu saya sedang bertasbih, saya dengan suara keluar dari mulut ara.. “wswswswswswswswswswws” sambil tangannya mengurut ruas-ruas jarinya, seperti yang saya lakukan. Saya dekatkan telinga ke mulut ara. Penasaran dong, lalu saya tanya dia.

Bunda: ara baca apa?

Ara: kaya bund itu lho..wswswswswsss…

Sontak saya lalu tertawa. Ternyata dia menirukan saya bertasbih. Tangannya juga mengurut ruas-ruas jarinya, seperti saya ketika bertasbih. Jadi, ketika saya bertasbih kan, bacanya pelan. Nah si Ara dengarnya cuma wswsws… padahal kan, saya bacanya subhanallah..subhanallah.. hahaha.. Kemudian saya jelaskan sama ara, apa yang saya baca ketika saya bertasbih. Sekarang, setiap saya habis sholat, dzikir, tasbih dan berdoa, selalu saya ucapkan keras-keras. Biar ara juga hafal.

Tingkah ara, ketika malesnya kumat :p
Tingkah ara, ketika males sholat :p

Ada lagi, kebiasaan setelah sholat maghrib, saya selalu mengaji. Sebisa mungkin, Ara juga saya libatkand alam hal ini. Saat saya ngaji, ara saya pangku. Setelah saya selesai, giliran ara mengaji dengan buku iqro’nya. Ada kejadian lucu waktu ara baru belajar ngaji. Waktu itu dia minta dibelikan buku iqro’ warna ungu, seperti Al Quran milik saya.

Ara: bund, aca beliin atu’an wana ungu ya (bund, ara beliin AlQuran warna ungu ya)

Bunda: iya nanti, kalo ara baca Al Qurannya sudah lancar kaya bunda. warna pink aja yah

Ara: gak mau, cekalang aja, aca mau wana ungu kayak bunda pokoknya (sekarang aja, ara maunya warna ungu)

Bunda: kan ara sukanya warna pink. nanti bunda belikan buku iqro dulu ya

Ara: iya, tapi wana ungu

Besoknya, saya langsung ke Gramdia, nyari iqro’ warna ungu. Jelas aja gak nemu. Akhirnya saya beli buku iqro’ yang pada umumnya itu.

Awal-awal dibelikan buku iqro’, ara excited banget ngajinya. Dia sudah hafal dari Alif sampai Ya’, meski kadang masih lupa-lupa gitu. Setiap ngaji, saya selalu membiasakan ara untuk membaca iqro’ dua halaman bolak-balik. Tapi makin ke sini, mulai muncul malesnya. Jadi setiap ngaji selembar, ara selalu bilang capek.

Ara: capek bund, suda selesai ya ngajinya.

Bunda: belum sayang, satu lembar lagi yah

Ara pun menurut. Tapi begitu baru separo…ara langsung bilang “Sodakallahuladzim”. Tiap kali mengaji dapat satu halaman, ara selalu buru-buru membaca ayat penutup itu. Astaghfirullah.. Kalau sudah begitu, kadang saya juga gak bisa maksa. Mungkin dia juga sudah capek, setelah beraktivitas eharian. Yang penting, ara masih mau melakukan rutinitasnya mengaji sehabis maghrib. Rabbihabliminasholihin.. Jadikan anakku anak yang salihah..aamiin..

“Cerita lucu ini ditulis untuk acara Vania’s May Giveaway”

moslem • a daughter • a sister • a wife • a moms • a friend • jalan-jalan enthusiasm • emak-emak beud • am blessed

0 Comments

Yakin Gak Mau Komen? :D

%d bloggers like this: