Blog Competition,  Jalan2-makan2

Mari Menjelajah ke Manado

Setelah beberapa bulan lalu puas menjelajah ke pulau Lombok, impian saya selanjutnya bisa berkunjung ke Manado. Saya tak sabar untuk melihat keindahan tempat-tempat wisata di Manado secara langsung. Selama ini, cuma dengar dari cerita teman-teman. Kenapa saya tertarik ke Manado? Manado terkenal dengan bubur dan Bunakennya. Keduanya itu memang ‘something‘ dari Manado yang tak terbantahkan.

Kita kupas dulu tentang bubur Manado yah (maklum, kan saya tukang makan.. hehe). Tinutuan atau bubur manado adalah makanan khas dari ibu kota provinsi Sulawesi Utara itu. Biasanya, bubur manado disantap di pagi hari. Saya terobsesi banget pengen makan bubur itu. Di kota tempat saya tinggal, jaraaaaang banget yang jual. Kalaupun ada, saya nggak tahu tempatnya..hehe.. Bubur manado merupakan campuran dari berbagai macam sayuran, seperti labu kuning, singkong, bayam, kangkung, jagung dan daun kemangi, serta tidak mengandung daging. Kata seorang teman, rasanya itu enaaaak banget. Maknyus kalo kata pak Bondan..

credit
credit

Hal lain yang mencuri hati saya untuk keukeuh pengen berkunjung ke sana adalah Bunaken. Taman nasional ini disebut-sebut sebagai salah satu taman laut terindah di dunia. Bagi yang hobi diving atau snorkelling, Bunaken adalah surganya. Keindahan taman laut Bunaken tak terbantahkan. Begitu masuk, mata akan dimanjakan dengan pemandangan yang menyejukkan. Berbagai bentuk terumbu karang, biota laut seperti ikan, kura-kura, kuda laut, bintang laut, dan ikan pari akan terlihat secara dekat. Bahkan jika beruntung, kita bisa melihat ikan purba raja laut (coelacanth).

lumbalumbadiving
lumbalumbadiving.com

Di Bunaken, kita bisa berkeliling laut dengan perahu kaca, snorkelling, diving, foto bawah laut, atau hanya sekadar berjemur di pinggir pantai. Nggak usah khawatir gak ada fasilitas di sana. Fasilitasnya sudah sangat lengkap. Penginapan, restoran, dan kios-kios cenderamata lengkap sudah. Apalagi, jarak Bunaken sangat dekat dengan Kota Manado, hanya memakan waktu perjalanan laut sekira 35 menit.

credit
credit

Selain Bunaken, tempat lain yang wajib dikunjungi adalah Pulau Manado Tua. Pulau ini merupakan pulau terbesar dari kelompok pulau-pulau yang berada dalam batasan terluk Manado. Saya pengen ke tempat ini, karena terdapat gunung berapi yang menjulang tinggi dan ditumbuhi pepohonan yang rindang. Perairan di kawasan ini juga tak kalah bagusnya dengan Bunaken.Di pulau ini ada hutan lindungnya, juga situs makam raja-raja.

Objek wisata lainnya, kita bisa berkunjung ke Gunung Tumpa. Katanya, gunung ini sangat keren jika dinikmati di malam hari. Dari atas puncak gunung berketinggian 750 meter di atas permukaan laut, kita bisa menikmati pemandangan kota Manado secara keseluruhan, juga Pulau Manado Tua, Bunaken, Siladen, Mantehage serta Nain.

pemandangan dari Gunung Tumpa
pemandangan dari Gunung Tumpa

Mana lagi tempat wisata yang pengen saya kunjungi? Banyaaaak.. Karena saya pecinta pantai, maka pantai menjadi destinasi wajib bagi saya, seperti Pantai Malalayang, air terjun kima atas, pulau siladen, serta city tour.

Selain memiliki objek wisata yang sangat menarik, salah satu keunggulan pariwisata Manado adalah letaknya yang strategis ke objek-objek wisata di hinterland, khususnya di Minahasa yang dapat dijangkau dengan waktu 1-3 jam dari kota Manado.

Jadi ngiler bener kaan… Manado sudah menjadi wishlist saya untuk liburan berikutnya dengan keluarga. Apalagi, kota Manado sudah dicanangkan sebagai kota pariwisata dunia. Kotanya sudah sangat majuu.. Pusat-pusat perbelanjaan sudah banyak terbangun. Apalagi, pertumbuhan perekonomian kota ini berkembang sangat pesat. Jadi, sangat gampang untuk memilih hotel untuk kita tinggal di sana kan. Gak percaya? Tinggal klik, oke deh. Masalah penginapan teratasi.

oiya, kalau beneran niat pengen main ke Manado, siapin duit yang banyak yaa.. Jajanannya bener-bener bikin ngiler..

 

moslem • a daughter • a sister • a wife • a moms • a friend • jalan-jalan enthusiasm • emak-emak beud • am blessed

0 Comments

Yakin Gak Mau Komen? :D

%d bloggers like this: