Pantai Pandawa, Surga Tersembunyi di Bali

Assalamualaikum …

Awal tahun, enaknya jalan-jalan, yes? #eh. Saya mau berbagi cerita pengalaman waktu jalan-jalan ke Bali kapan lalu.

Jalan-jalan ke Pulau Dewata, rasanya gak seru kalau kita gak main air di pantai, yes? Iya dunks, secara Bali dikenal dengan keindahan pantainya yang luar biasa. Kalau disuruh ngitung, mungkin saya gak akan bisa tahu secara pasti, berapa banyak pantai di Bali.

Tapi, tentu saja ada beberapa pantai yang sering menjadi tujuan wisata. Nah, salah satunya Pantai Pandawa. Pantai ini terletak di balik perbukitan. Makanya gak banyak yang tahu, karena dikelilingi bukit-bukit dan tebing.

Nah, di salah satu sisi tebingnya, dipahat lima patung Pandawa dan Dewi Kunti. Ingat gak, siapa saja nama Pandawa Lima? Kalau suka film Mahabharata pasti tahu. Yups, mereka adalah Dharma Wangsa atau yang biasa dikenal Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Waktu saya ke sana, kebetulan lokasi sekitaran pantai masih dalam tahap pembangunan. Dan kebetulan juga, saya ke sana waktu sunset. Meskipun sedikit ketinggalan momen, tapi masih terlihat keindahannya. Masih kelihatan magisnya!

Selain untuk wisata dan olahraga air, pantai ini juga digunakan untuk budidaya rumput laut. Hal itu karena kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai ke garis pantai. Cukup banyak wisatawan yang melakukan paralayang dari Bukit Timbis hingga ke Pantai Pandawa.

Nah, apa saja yang bisa dilakukan di Pantai Pandawa?

Melihat Patung Pandhawa Lima

Seperti saya bilang tadi, pantai ini disebut Pantai Pandawa karena ada patung 5 kstaria, yang biasa disebut Pandawa Lima, juga patung ibu mereka, Dewi Kunti. Patung ini bisa dilihat di tebing menuju pintu masuk pantai.

Kelima patung yang dipercaya sebagai titisan Dewa itu, diukir dengan indah oleh para seniman asli Bali. Semua patung-patung tersebut berwarna putih dengan tinggi sekitar lima meter, diberikan kain warna ungu di bagian pinggang, dan berjajar menghadap ke pantai

Berenang

Pantai ini juga aman dipakai untuk beranang. Pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, dan ombak yang relatif tenang, membuat siapapun yang datang ke sana, tertarik untuk berenang atau sekadar duduk di tepi pantai menikmati keindahannya.

Apalagi, sudah banyak jasa penyewaan kursi lengkap dengan payung lebar dengan harga terjangkau. Cocok sekali untuk dijadikan tempat berteduh sambil menikmati keindahan pantai dan keseruan pengunjung yang sedang bermain air.

Bermain perahu Kano

Yang suka dengan watersport, kalian bisa menyewa kano dengan harga yang relatif murah. Untuk kano berkapasitas seorang, kalian hanya dikenakan biaya sewa 25k, sedangkan kano berkapasitas dua orang seharga 50k, selama 1 jam. Murah, kan? Oiya, di sana juga disediakan persewaan jaket pelampung. Jadi yang gak bisa berenang, aman deh.

Merelaksasi tubuh dengan pijat tradisional

Buat kalian yang capek setelah keliling-keliling di tempat wisata lainnya, kalian bisa memanjakan tubuh dengan mencoba jasa tukang pijat yang banyak ditawarkan penduduk lokal. Murah saja, hanya dengan merogoh kocek 40-130k, badan bisa kembali bugar. Layanan pijat yang ditawarkan juga sesuai nama pantainya, Pijat Pandawa. Gimana rasanya? Coba sendiri ajah! 😛

Berselancar menaklukkan ombak

Yang suka tantangan adrenalin, berselancar menjadi kegiatan yang paling dicari. Gulungan ombak yang tinggi dan konsisten menjadi favorit para peselancar asing. Apalagi, kondisi pantai yang tidak terlalu ramai membuat peselancar bisa menantang ombak dengan lebih leluasa.

Berburu suvenir unik

Kalian juga gak perlu khawatir, karena di Pantai Pandawa juga terdapat banyak toko souvenir yang dikelola penduduk setempat. Souvenir khas Bali umumnya dijual dengan harga murah. Dengan begini, kamu bisa membawa pulang buah tangan untuk keluarga maupun para sahabat tanpa harus merogoh uang banyak.

Penasaran kegiatan lain yang bisa dilakukan di Pantai Pandawa? Info Pantai Pandawa di Blog Traveloka.

Oiyes, buat yang ingin liburan ke Bali atau mana pun, jangan lupa untuk booking tiket pesawat dan hotel lewat traveloka, yah. Dijamin harganya sangat murah. Apalagi kalau kalian pesan paket pesawat+hotel secara bersamaan, dijamin lebih hemat dibanding pesan terpisah. Hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun.

Kuy, liburan! Ojo sampe kerjoan ganggu dolan. #Dolan2018 😀

Luv,

Eda

Categories: Jalan2-makan2

4 comments

Yakin Gak Mau Komen? :D

%d bloggers like this: