Recipe: Semur Ayam Tahu

C360_2013-11-24-06-53-42-553_20131124071209176

Hari minggu kemarin, kayanya saya lagi kesambet setan deh. Sampai rajin banget masaknya. Jadi seharian itu, bikin semur ayam tahu sama pannacotta santan. Sabtu malam sebelumnya, saya tanya nona kecil sama tuan besar, hari minggu mau dimasakin apa, eh kompak dong jawabnya “Semur Ayam Tahu!” Ini memang makanan favorit mereka berdua. Saya bagi resepnya ala saya yah ^_^

bahan:
1/2 kg ayam (potong dan cuci bersih)
tahu
6 siung bawang merah (makin banyak makin enak)
4 siung bawang putih
merica
pala
garam
gula
kecap
daun bawang

cara bikin:
tahu dipotong-potong trus digoreng kering atau setengah matang, sesuai selera aja. Waktu goreng tahu, bisa disambi menggerus bumbu (bawang merah, bawang putih, merica, pala). Trus tumis sampai harum lalu masukkan potongan ayam, tumis sampai warnanya agak2 seksi kecoklatan. Tambahkan kecap, gula, garam secukupnya. Abis itu, tuang air secukupnya, didihkan. Kalo udah mateng, masukkan tahu yang sudah digoreng tadi, irisan daun bawang, bisa juga ditambah tomat. Didihkan sekali lagi.  Jadi deh.. gampang kaan.. masaknya gak pake lama, sejam gak sampe kok..

kalo makan pake semur ayam tahu ini, sekali makan nona kecil bisa nambah lagi.. hari rebo kemarin, minta dibikinin masakan ini lagi. Yang masak aja sampe bosen… tapi berhubung nona kecil dan tuan besar suka, jadi ya.. Alhamdulillah yaaa.. 

Selamat mencoba yaah ^_^

Categories: Jalan2-makan2

No comments

Yakin Gak Mau Komen? :D

%d bloggers like this: