Selamat Hari Puisi..

Kalau politik kotor, puisilah yang akan membersihkannya

JFK

3073091_20121031092727

Selamat hari puisi Indonesia.. Selamat hari puisi penyair-penyair hebat di tanah air ini. Saya juga baru tau kalo ada hari puisi. Memang baru dirayakan kali pertama ini sih. Meski sudah dideklarasikan sejak 22 Novermber 2012 di Pekanbaru.

Kalau PBB menetapkan hari puisi internasional setiap 21 Maret, kita, juga bisa memeringatinya setiap hari 26 Juli. Kenapa dipilih 26 Juli? Tanggal 26 Juli merupakan tanggal kelahiran Chairil Anwar, penyair besar negeri ini. Karena itu, untuk mengapresiasinya, ditetapkanlah tanggal itu sebagai perayaan hari puisi indonesia.

Saya suka menulis puisi. Bagi saya, puisi itu menyiratkan sesuatu yang tak tersurat. Kalau mau curhat, daripada ngomel-ngomel ngeluarin uneg-uneg yang berenergi negatif, mending dikemas dalam bentuk puisi aja deh. Aman.. dibaca juga jadi enak.. hehe.. Meski kadang-kadang suka dibilang menggalau sama teman2.. hiks..

oiya, saya punya beberapa penyair favorit. Seperti Chairil Anwar, Sapardi Djoko Damono, WS Rendra (alm), moaamaremka, agus noor dan djoko pinurbo. Siapa penyair favoritmu?

Ini salah satu puisi favorit saya:

Β Kalau sampai waktuku
‘Ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak perduli

Aku mau hidup seribu tahun lagi

– Chairil Anwar –

Selamat menjalankan ibadah puisi

Categories: Rumah Fiksi, Prosa dan Puisi

No comments

Yakin Gak Mau Komen? :D

%d bloggers like this: