Lebaran di Surabaya? Kunjungi Tempat Wisata Ini

Assalamualaikum…..

Lebaran di Surabaya? Kunjungi Tempat Wisata Ini. Alhamdulillah, gak kerasa lebaran sudah di depan mata. Mudah-mudahan kita diberi umur panjang biar bisa sampai di hari yang fitri.

Namanya lebaran, gak afdol rasanya kalo gak pulang kampung, kan? Apalagi mudik kan sudah menjadi tradisi lebaran umat Islam di Indonesia. Pulang kampung, kumpul dengan keluarga, dan bagi-bagi rejeki ke ponakan-ponakan.

Oiya, lebaran besok mau mudik ke mana? Saya dong di Surabaya aja. Ada yang bernasib sama kaya saya? Atau bahkan ada yang mudik ke Surabaya?

Biasanya kalo lebaran, Surabaya sepi banget. Banyak warga yang pulang ke kampung halamannya masing-masing. Kan, banyak banget pendatang di Surabaya ini. Jalanan jadi sepi, mall juga longgar. Saya suka.. saya sukaa… Soalnya sepi.. hehehe

Tapii.. meski penduduknya pada pulang kampung, tapi tempat wisata di Surabaya selalu ramai pengunjung. Bahkan sampai berdesak-desakan. Parkiran juga penuh banget.

Tempat Wisata di Surabaya

Nah, buat yang lebaran di Surabaya, saya kasih rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Surabaya, ya. Apalagi, sekarang banyak tempat wisata baru di Surabaya, bukan cuma mall aja yang banyak. 😛

1.Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya ini salah satu tempat wisata yang legendaris di Surabaya. Meski sering dikabarkan banyak hewannya yang mati, tapi KBS tetap menjadi pilihan untuk berekreasi bersama keluarga. Hampir setiap lebaran, KBS selalu disesaki pengunjung. Data tahun lalu, sedikitnya 150 ribu warga rela berdesakan di sana. Terbukti kan, magnet KBS ini masih sangat kuat. Bahlan tak jarang, pengunjungnya banyak yang berasal dari luar kota. Oiya, tiket KBS cukup terjangkau kok. Cuma 15 rebu, kita bisa menikmati kekayaan satwa yang dimiliki Indonesia.

2. Kenjeran

Kenjeran ini, satu-satunya wisata pantai di Surabaya. Waktu kecil dulu, saya sering banget main ke sini. Sekarang, Kenjeran sudah banyak berbenah. Jadinya makin cantik banget. Ada beberapa tujuan di Kenjeran ini, seperti pantai ria kenjeran, water park, sentra ikan bulak, hingga ikon terbaru jembatan dan air mancur menari kenjeran. Yang doyan banget makan, bisa juga ke sini untuk menikmati makanan khas Surabaya kupang lontong dan es kelapa muda. Ada juga aneka kerupuk dari ikan laut. Pokoknya, kalo ke Kenjeran, gak cukup kalo cuma setengah hari. Saya biasanya dari pagi, dan baru balik menjelang senja. Tiket masuknya juga cukup murah. Cukup dengan membayar 6 ribu, kalian bisa  berjemur main air sampai puas di sana.

3. Taman Remaja Surabaya

Taman Remaja Surabaya ini semacam dunia fantasi kalo di Jekarda. Tapi, wahananya gak sebanyak di sana. Buat saya, TRS punya tempat khusus di hati. Tempat wisata ini sudah ada sejak saya kecil. Dan sampe segede ini, saya masih sering main ke sana. Suka aja. Meskipun tempatnya gak begitu luas, tapi wahananya hampir semua baru. TRS ini juga sering banget dijadikan tempat buat kegiatan anak-anak PAUD dan TK. Bahkan hampir tiap weekend, TRS selalu dipenuhi anak-anak itu. Pokoknya gak bakalan rugi kalo main ke sini. Tiket masuknya cuma 12 ribu per orang. Kalo ingin naik wahananya bayar antara 5 ribu – 10 ribu. Atau kalo mau hemat, beli aja tiket terusan seharga 25 ribu untuk 5 kali naik wahana atau 50 ribu sampai puas. Gimana? Murah banget kaaaaan…

4. Surabaya Carnival Night Market

Surabaya Carnival ini destinasi yang lumayan baru. Sama dengan TRS, cuma yang ini wahananya lebih lengkap. Bukanya cuma sore sampai malam. Areanya luas banget. Kalau mau masuk, bayar dulu 80 ribu, abis itu free mau naik wahana apa aja. Etapi ada beberapa wahana yang kita diharuskan bayar lagi, deng. Seperti museum 3D. Kita harus bayar 25 ribu lagi, biar bisa foto-foto syantiek di dalamnya. Hmm… museumnya mirip-mirip Madam Tussaud. 😀

Uniknya, Surabaya Carnival ini tastenya Surabaya bangeeet. Semuanya ditulis dalam bahasa Suroboyoan. Wahana pun termasuk. Juga ada museum yang isinya semua tentang Surabaya. Mulai dari Walikota pertama kali, juga tempat-tempat bersejarah di Surabaya. Ini salah satu destinasi favorit saya. Worth it banget lah dengan harganya. 😀

5. Food Junction Grand Pakuwon

Food Junction ini juga baruuuu di Surabaya. Tempatnya ketjeh abis. Sayangnya saya belum pernah ke sana. huhuhuuu 🙁

Buat pecinta kuliner, tempat ini semacam surga. Lokasinya outdoor, tapi ada juga indoornya. Kalo ke sini, macam piknik syantiek, karena ada danau buatannya. Ngajak anak-anak ke sini, oke banget. Karena disediakan beberapa wahana buat bocil. Kalo ke sini siap-siap bawa duit yang banyak yaaa… Masuknya free sih, tapi kan kalo makan harus bayar. 😛

6. Surabaya North Quay

Surabaya North Quay ini pelabuhan yang disulap jadi tempat nongkrong cantik. Apalagi kalo mau diner ala-ala romantis bareng si akang. hehehe… Yang jual makanan juga banyak. Kalo mau ke sini, saya sarankan menjelang senja aja. Pemandangannya ruas biasa ciamik! Semacam melihat senja di matamu. #halah

Kalo mau naik kapal pesiarnya juga bisa. Tapi bayarnya lumayan mihil, sekiatr 150 rebu. Oiyaaa… SNQ ini bukanya cuma Sabtu-Minggu aja yaa. Jangan sampe salah hari.

7. Wisata Taman

Sejak dipegang sama Bu Risma, Surabaya sangat terkenal dengan taman kotanya. Hampir di setiap sudut kota, selalu ada taman yang cantik dan rapi. Apalagi kalo sore hari ke sini, udaranya sejuk banget. Enak buat pacaran bercengkerama bareng keluarga. Nih ya, taman-taman yang sudah tersohor di pelosok Indonesia: Taman Bungkul, Taman Pelangi, taman prestasi, taman persaudaraan, taman ekspresi, kebun bibit wonorejo, Taman Apsari, dan kebun bibit ngagel. Kalo ke sini, enaknya bawa bekel sendiri. Ya, semacam piknik lah. Etapi kalo mau beli makanan di sana juga gampang sih. Yang jualan buanyak!

8. Wisata Mangrove

Wisata Mangrove ini keceh banget. Kita bisa berkeliling hutan mangrove pakai perahu di sana. Kita juga bisa lihat aneka jenis aves. Tempat yang bagus buat yang suka hunting foto.

9. Wisata Sejarah

Sudah tahu kan kalo Surabaya terkenal dengan sebutan kota Pahlawan? Iya dong ah. Makanya itu banyak banget bangunan-bangunan berssejarah di Surabaya. Patung-patung para pahlawan juga tersebar di mana-mana. Kalo mau berwisata sejarah di Surabaya, gampang banget. Tinggal keliling kota aja. Karena rata-rata, tempat-tempat bersejarah itu berada di tengah kota. Contohnya Tugu Pahlawan, yang dulunya merupakan pusat pemerintahan. Trus ada Patung Gubernur Suryo yang berada persis di seberang bangunan bersejarah Gedung Negara Grahadi. Termasuk patung Djoko Dolog yang ada di depan radio Susana. Belum lagi ada kampung lawas yang di dalamnya ada rumah tinggal para pahlawan. Kalo lama stay di Surabaya, kalian wajib napak tilas di sini.

10. Wisata Religi

Surabaya ini pokoknya paket komplit, deh. Wisata religi juga ada banyaaaak. Misalnya makam Sunan Ampel yang terletak di kawasan Ampel Denta atau kampung Arab, makam mbah Bungkul yang ada di belakang taman Bungkul, dan Masjid Agung atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Al Akbar. Di kawasan kampung Arab, kalian bisa menikmati segala jenis makanan khasa Arab. Ada nasi kabuli, kambing guling, sambosa, dan lainnya.

FYI nih, semua tempat-tempat wisata yang saya sebutin, instagramable banget! Rugi kalo ke Surabaya gak mampir ke sana. Kalo udah capek puter-puter di sana, boleh lah ngadem sejenak ke mal-mal yang ruar biasanya banyak.

Trus, kalo tempat-tempat itu sudah dikunjungi semua, berarti saatnya kalian menjelajah ke kota seberang. Misalnya ke Taman dayu di Pandaan, Pasuruan. 😀

Jadi, lebaran mau ke mana? Saya dong, di Surabaya aja! Kan aseli Arek Surockboyo. 😆

Anyway, Met liburan ya temans.. Smoga liburannya menyenangkan. Selamat menjelang Idul Fitri juga. Sedih euy, abis ini ditinggal Ramadhan. Mudah-mudahan ibadah kita selama bulan Ramadhan diterima Allah, dan diberi umur untuk bertemu Ramadhan tahun depan. Aamiin…

Buat yang mudik, titidije yaaa.. have a safe trip. Kalo ngantuk atau capek, mending minggir dulu trus istirahat bentar.

 

Luv,

signature eda ungu

 

Categories: Jalan2-makan2

30 comments

Yakin Gak Mau Komen? :D

%d bloggers like this: